Friday, June 10, 2016

Proposal Penelitian


Proposal Penelitian Ilmiah
Analisis Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap
Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa
Sekolah Tinggi di Jakarta

Disusun oleh,
Nama             : Ardian Pramana
NPM              : 11113244





Universitas Gunadarma
2016
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Ilmu pengetahuan akan semakin terus berkembang dengan adanya kemajuan teknologi dalam bidang informasi. Perkembangan ilmu pengetahuan ini menuntut cara baru dalam hal memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan itu sendiri. Internet adalah salah satu sumber informasi yang dewasa ini sangat dibutuhkan oleh para pelajar, mahasiswa, dosen maupun peneliti untuk membantu proyek penelitian mereka. Selain itu kemajuan teknologi informatika seperti smart phone, gadget, dan tab yang mudah diperoleh dan harga terjangkau memudahkan akses internet.
Internet saat ini sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki fitur dan manfaat yang beragam pula. Dibandingkan kita mencari buku dan membacanya, internet menyajikan kecepatan data dan layanan informasi yang beragam melalui sentuhan jari kita dalam menjangkau informasi misalnya melalui google engine  untuk mencari data-data statistik dan ilmu pengetahuan dan multimedia (film, musik, gambar dan lain-lain). Adapun pelayanan menurut penulis dapat membantu tugas-tugas ilmiah dari pengguna adalah jurnal elektronik, artikel ilmiah, buku elektronik, forom komunikasi elektronik (mailinglist), mendengarkan khotbah (live stream), serta search engine.
Pemanfaatan internet menjadi sangat penting mengingat ketersediaan buku-buku di perpustakaan untuk topik-topik tertentu sangat terbatas dan perpustakaan sendiri belum memiliki dilengkapi program search engine untuk menemukan buku-buku dengan topik tertentu seperti halnya di internet terdapat mesin pencari informasi terlengkap.
Masalah yang timbul adalah apakah pemanfaatan internet ini dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa atau malah sebaliknya menurunkan hasil belajar karena penggunaan internet yang tidak efektif. Oleh karena itu, penulis ingin melihat lebih jauh tentang bagaimana peran internet tersebut yang menyediakan berbagai informasi yang mampu mendukung mahasiswa dalam meningkatkan prestasi kuliah mereka dan untuk mendukung proses belajar mahasiswa di perguruan tinggi maka penulis memberi judul penelitian ini adalah “Analisis Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi di Jakarta.”

1.2.            Perumusan Masalah
Sebagaimana diketahui bahwa internet mampu memberi kontribusi dalam hal penyediaan informasi dalam perkuliahan maka pokok masalahnya adalah bagaimana dampak pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa?

1.3.            Tujuan Penulisan
            Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa.

1.4.  Manfaat Penelitian
            Penulis mengharapkan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai berikut:
1.      Memberikan wawasan dan informasi data yang terbaru bagi mahasiswa, dosen dan peneliti serta pembaca.
2.      Memberikan pengetahuan baru bagi penulis dalam bidang informasi internet dan pemanfaatannya untuk peningkatan prestasi belajar.



BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS

2.1.            Landasan Teori
Menurut A. Ridwan Siregar mengatakan bahwa internet adalah suatu jaringan internasional dari jaringan-jaringan yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh penjuru dunia. Sebagai suatu infrastruktur, jaringan ini memiliki peranan yang besar dalam penyebaran arus informasi. Dengan kata lain prasarana ini merupakan jalan raya informasi (information Highway) yang digunakan untuk mengangkut berbagai muatan informasi dan menghubungkan banyak manusia di bumi. Melalui jaringan internet ini kita dapat memperoleh informasi dan hiburan dari berbagai sumber di seluruh dunia dengan begitu cepat.
            Budi Sutedjo Dharma Oetomo menjelaskan bahawa internet memberikan berbagai manfaat dalam bidang pendidikan, yakni:
1.      Kemampuan dan kecepatan dalam komunikasi; bahkan sekarang telah dimungkinkan menggunakan peralatan berbasis multimedia dengan biaya relatif murah, sehingga dimungkinkan untuk melangsungkan pendidikan atau komunikasi jarak jauh, baik antara peserta didik dengan para pendidik maupun antara peserta didik dan diantara peserta didik dengan orang tua di manapun mereka berada.
2.      Ketersediaan informasi yang up to date telah mendorong tumbuhnya motivasi untuk membaca dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang terjadi di berbagai belahan dunia.
3.      Adanya fasilitas untuk membentuk dan melangsungkan diskusi kelompok  (Newsgroup) sehingga akan mendorong peningkatan intensitas kajian Iptek.
4.      Melalui web pendidikan, proses belajar dapat dilakukan secara dinamis, tidak tergantung waktu dan ruang pertemuan. Semua materi belajar dapat diperoleh dengan mudah pada situs-situs pendidikan yang tersedia. Dengan demikian biaya pendidikan dapat ditekan serendah mungkin karena peserta didik tidak perlu menanggung uang gedung lagi.
5.      Melalui E-mail, konsultasi dapat dilakukan secara pribadi antar peserta didik dan pendidik ataupun dengan rekan yang lainnya. Skalabilitas konsultasi bisa menjadi tidak terbatas dengan pendidik atau rekan dalam satu lingkungan  sekolah saja, melainkan dapat digunakan untuk konsultasi dengan orang-orang yang dinilai kompeten dalam bidangnya yang berada di luar lembaga pendidikan tersebut, bahkan yang berada di luar negeri.
Pemanfaatan internet di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi, penulis memerhatikan bahwa pemanfaatan internet digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas kuliah, tugas akhir disamping itu untuk mendownload program, film, Youtube, gambar dan yang lainnya. Disamping itu komunikasi chatting dan mencari pertemanan melalui media sosial facebook dan twitter. Apabila penulis mengamati secara visual pemanfaatan internet masih kurang maksimal karena penggunaannya lebih banyak digunakan untuk kepentingan hiburan dibandingkan untuk kepentingan perkuliahan. Padahal sebagai mahasiswa  dituntut untuk lebih banyak belajar dari media internet mengenai sumber-sumber terbaru mengenai perkuliahan melalui situs-situs dan web.

2.2.            Hipotesis
Hipotesa penelitian ini dijelaskan sebagai berkut:
Hipotesa:
H0:Fxy = 0 (Tidak ada dampak pemanfaatan internet terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa)
H0: Fxy ≠ 0 (ada dampak pemanfaatan internet terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa)

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1.             Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Tinggi negeri maupun swasta di berbagai lokasi di Jakarta.

3.2.            Instrumen Penelitian
Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam pengujian kebenaran hipotesis, penulis menyebarkan angket (kuisioner) kepada responden, yang dalam hal ini data angket merupakan data primer bagi penulis dalam penelitian ini.

3.2.1.      Angket
Angket ialah daftar pernyataan atau pertanyaan yang dikirim kepada responden baik secara langsung atau tidaklangsung (melalui pos atau perantara).

3.2.2.      Kisi-kisi Angket
Kisi-kisi angket pada penelitian ini adalah seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah  ini:



Tabel 1: Kisi-kisi Angket
No
Variabel
Indikator
Item
Jumlah
I
Pemanfaatan Internet
·         Pengetahuan mengenai Internet
·         Tujuan Pemanfaatan
·         Fungsi Internet
·         Fasilitas Internet
·         Penggunaan Internet
·         Metode
1

1
1
1
2
1
12
II
Hasil Belajar
·         Kurikulum
·         Indeks Prestasi
4
1


3.3.            Analisis Data
Penelitian ini pada dasarnya merupakan penelitian deskriptif. Menurut Burhan Bungin tujuan penelitian ini adalah:
“Penelitian sosial menggunakan format deskriptif bertujuan untuk menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi atau berbagai variabel yang timbul di masyarakat yang menjadi objek penelitian itu. Kemudian menarik kepermukaan sebagai suatu cirri atau gambaran tentang kondisi, situasi atau punva riabel tertentu.”
Selanjutnya, data yang terkumpul melalui penyebarang angket dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif juga, dengan cara data tersebut ditempatkan pada tabel sesuai dengan item pertanyaan pada angket, kemudian data dihitung presentasenya untuk kemudian diintepretasikan.  Perhitungan presentase jawaban yang diberikan responden dengan menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Sutrisno Hadi, yaitu sebagai berikut:
             
Keterangan:
P: Presentase
F: Jumlah jawaban yang diperoleh
n: Jumlah responden  

Kemudian  setelah data dari kuisioner diperoleh, maka data itu diinterpretasikan oleh penulis dengan mengacu pada besaran presentase semata, hal ini dikarenakan sifat dari penelitian deskriptif. Adapun proses interpretasi data terhadap hasil yang berupa presentase, maka penulis menggunakan pendapat yang dikemukakan oleh Supriadi sebagai acuan interpretasi. Acuan yang dikemukakan adalah sebagai berikut:
            1-25%              : Sebagian kecil
            26-49%            : Hampir setengah
            50%                 : Setengah
            51-75%            : Sebagian besar
            76-99%            : Pada umumnya
            100%               : Seluruhnya







BAB V
KEPUSTAKAAN

Buku-buku
Akbar,  Purnomo Setiady  dan Usman Husaini.  Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Bungin,  Burhan. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format kuantitatif dan kualitatif . Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

Nasution,  S. Metodologi Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma E-education:konsep, teknologi dan aplikasiinternet pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2002.

Siregar,  A. Ridwan Akses Informasi Elektronik: Suatu Paradigma Baru Pelayanan Perpustakaan. Medan:Fakultas Sastra, 1997.

Supriadi,A. Statistik. Bandung: Fakultas Tarbiyah  IAIN Sunan Gunung Jati, 1979.

Internet

Purnomo, dan Husaini. Sistem Pendukung e-learning di web ,60; diakses 10 Juni 2016; tersedia di www.informatika.lipi.go.id/sistem-pendukung-e-learning-di-web
Wijaya, Peter. Contoh Proposal Penelitian. Diakses 9 Juni 2016. http://burningonesgeneration.blogspot.co.id/2014/12/contoh-proposal-penelitian-proposal-of.html

No comments:

Post a Comment