Sunday, June 12, 2016

[REVIEW] Belajar Programming Tanpa Ngoding di FRESHKODE

Belajar ngoding? Fenomania pernah malas belajar algoritma pemrograman di kelas hanya karena aktivitas tersebut selalu hanya tentang mengetik dan melihat hasil output program? Nah, tahukah teman-teman jika kita bisa belajar programming dalam lingkungan visual yang mungkin akan terasa lebih menyenangkan dan menarik? Apalagi untuk Fenomania yang baru mencoba programming. FRESHKODE merupakan perangkat lunak yang menyajikan lingkungan dan bahasa pemrograman visual, diwakili dengan grafis yang menarik, tidak banyak mengetik baris koding melainkan menggunakan manipulasi elemen visual yang menarik.


Tampilan Awal FRESHKODE dengan penjelasan beberapa fitur.
FRESHKODE ini buatan mahasiswa Universitas Gunadarma, lho.
Beberapa tujuan Muhammad Valdie Arsanur (Teknik Informartika - 2012) antara lain untuk meningkatkan produktivitas dan kemandirian programmer untuk menyusun program dengan cara yang menarik, yaitu drag and fit. Menurutnya perangkat lunak ini dapat dimanfaatkan oleh para otodidak dalam belajar programming, juga dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen dalam belajar maupun mengajar di kelas. Memang sudah ada perangkat lunak serupa yang cukup terkenal, sebut saja Scratch MIT, Etoys, Alice, Blocky, dan Tynker, namun FRESHKODE hadir dengan Bahasa Indonesia sehingga akan lebih mudah untuk Fenomania gunakana.


Tampilan Tur Singkat, memudahkan kamu untuk beradaptasi dalam menggunakan program ini.


Ini contoh tampilan pembuatan dan eksekusi program, tanpa banyak mengetik, lho. Menyenangkan bukan?
FRESHKODE merupakan perangkat lunak berbasis web, yang dibangun menggukan Node Webkit, HTML5, CSS5, JavaScript, JQuery, framework Backbone.js, dan lain-lain. Saat ini FRESHKODE dapat berjalan dalam platform Windows dan Mac OS dan nantinya dapat berjalan pada platform desktop dan web. Beberapa fitur dalam FRESHKODE antara lain Bahasa Visual FRESHKODE, Editor Program, Tur Program, Panduan Perintah, Compuler & Program Executor, Expor & Impor berkas program, dan masih banyak lagi Fenomania. Semoga ulasan pada Fenom Magazine edisi kali ini dapat menginspirasi Fenomania untuk terus belajar, berkreasi, dan berkarya. [/*ard]

Download link:
Tautan (URL) Windows : http://bit.ly/freshkode-windows
Tautan (URL) OSX : http://bit.ly/freshkode-osx


No comments:

Post a Comment