Monday, September 28, 2015

Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan Bahasa Indonesia

Sumber gambar



A. Pengertian Bahasa Secara Umum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online bahasa diartikan sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Sedangkan pengertian bahasa menurut Harun Rasyid, Mansyur & Suratno (dalam Arul, 2009: 1) bahasa merupakan struktur dan makna yang bebas dari penggunanya, sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan.


Gorys Keraf (dalam Arul, 2009:1) memberikan pengertian bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa juga mencakup dua bidang, yaitu bunyi vokal dan arti atau makna. Bahasa sebagai bunyi vokal berarti sesuatu yang dihasilkan oleh alat ucap manusia berupa bunyi yang merupakan getaran yang merangsang alat pendengar. Sedangkan bahasa sebagai arti atau makna berarti isi yang terkandung di dalam arus bunyi yang menyebabkan reaksi atau tanggapan orang lain.

Maka dapat disimpulkan bahwa Bahasa merupakan sistem lambang yang digunakan, baik ducapkan maupun ditulis, oleh manusia demi mencapai suatu tujuan. Tujuan yang dimaksud dapat berupa berinteraksi, bekerjasama, mengidentifikasi diri.


B. Fungsi Bahasa

Terdapat banyak fungsi dari Bahasa, menurut Mahmudah dan Ramlan (2007:2-3) fungsi bahasa adalah alat komunikasi antaranggota masyarakat Indonesia. Bahsa juga menunjukkan perbedaan antara satu penutur dengan penutur lainnya, tetapi masing-masing tetap mengikat kelompok penuturnya dalam satu kesatuan sehingga mampu menyesuaikan dengan adat-istiadat dan kebiasaan masyarakat. Selain itu, fungsi bahasa juga melambangkan pikiran atau gagasan tertentu, dan juga melambangkan perasaan, kemauan bahkan dapat melambangkan tingkah laku seseorang.

Selain pendapat diatas, Gorys Keraf (2001:3-8) menyatakan bahwa ada empat fungsi bahasa, yaitu:

1. Alat untuk menyatakan ekspresi diri
Bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada kita, sekurang-kurangnya untuk memaklumkan keberadaan kita.

2. Alat komunikasi
Bahasa merupakan saluran perumusan maksud yang melahirkan perasaan dan memungkinkan adanya kerjasama antarindividu.

3. Alat mengadakan integrasi dan adaptasi social
Bahasa merupakan salah satu unsure kebudayaan yang memungkinkan manusia memanfaatkan pengalaman-pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian dalam pengalaman tersebut, serta belajar berkenalan dengan orang-orang lain.

4. Alat mengadakan kontrol sosial
Bahasa merupakan alat yang dipergunakan dalam usaha mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk orang lain. Bahasa juga mempunyai relasi dengan proses-proses sosialisasi suatu masyarakat.


C. Peristiwa Penting Mengenai Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mulai berkembang dari Bahasa melayu. Pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan mengangkat Bahasa melayu sebagai Bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan peristiwa sumpah pemuda. Para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dan mengikrarkan:
1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia,
2. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan
3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ikrar para pemuda ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda.

Kemudian secara resmi Bahasa Indonesia dinyatakan sebagai Bahasa Nasional pada tanggal 18 Agustus 1945 dan secara resmi tercantum dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Adanya peresmian ini menjadikan kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara, yang berfungsi:
a. Sebagai bahasa resmi kenegaraan,
b. Sebagai pengantar dalam dunia pendidikan, dan
c. Sebagai alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencaan dan pelaksanaan pembangunan.


D. Faktor yang Menjadikan Bahasa Melayu Sebagai Bahasa Nasional

Beberapa faktor yang mendasari dijadikannya Bahasa Melayu sebagai Bahasa nasional, diantaranya:
a. Bahasa melayu merupakan Lingua Franca (Bahasa perhubungan),
b. Sistem Bahasa melayu sederhana dan mudah dipelajari,
c. Suku yang ada di Indonesia dengan sukarela menerima bahasa melayu sebagai bahasa nasional,
d. Bahasa melayu mempunyai kesanggupan untuk dipakai sebagia Bahasa kebudayaan dalam arti luas.



Daftar Pustaka

Arul. 2009. Pengertian dan Fungsi Bahasa. https://kangarul.wordpress.com/2009/07/31/pengertian-dan-fungsi-bahasa/. Diakses tanggal 28/09/2015 pukul 23.00

Ghofur, Abdul. 2012. Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia. http://alghofur28.blogspot.co.id/2012/11/peran-dan-fungsi-bahasa-indonesia_20.html. Diakses tanggal 28/09/2015 pukul 23.00

Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. http://kbbi.web.id/bahasa. Diakses tanggal 28/09/2015 pukul 23.00

No comments:

Post a Comment